Laman

Kamis, 11 April 2013

Alpukat

avocado salad
 Alpukat banyak mengandung zat gizi seperti: serat, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, dan asam folat, juga bebas kolesterol dan natrium.

Manfaat Buah Alpukat' :

 
1. Menurunkan tingkat kolesterol darah.
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein). Kandungan dalam buah selain lemak tak jenuh yaitu betasitosterol, fungsi dari betasitosterol ini dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh yg berasal dari asupan makanan. Perpaduan antara lemak tak jenuh tunggal dan betasitosterol  menjadikan buah alpukat sebagai salah satu buah yang cukup baik untuk menurunkan koleterol dalam darah.

2. Mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.
Kandungan potassium dalam buah alpukat berperan dalam membantu tubuh dalam mengontrol dan menstabilkan tekanan darah, dengan stabilnya tekanan darah, maka tubuh akan terhindar dari serangan penyakit seperti darah tinggi sebagai penyebab utama penyakit stroke. Potassium juga dapat membantu mencegah penyumbatan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Membantu mengontrol gula darah.
jus alpukat
Lemak tak jenuh dalam buah alpukat, selain berperan dalam menurunkan kolesterol darah, juga dapat berperan dalam mengembalikan resistensi insulin. Insulin berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Kandungan lainnya yaitu serat dapat berperan dalam mempertahankan tingkat gula darah.

4. Melindungi tubuh dari serangan kanker.
Hasil studi menunjukkan . Ekstrak dari buah alpukat yang mengandung folat, vitamin C, E, serta anti-oksidan bisa menghentikan serta membunuh sel-sel pra-kanker pemicu penyakit kanker mulut. Diyakini juga, bahwa ekstak ini bukan hanya dapat mencegah kanker mulut ,tapi bisa juga memiliki reaksi yang sama terhadap kanker jenis lainnya.

5. Menjaga kesehatan jantung
Selain sebagai salah satu unsur dalam perlindungan tubuh terhadap kanker, Kandungan folat dalam buah alpukat juga berguna dalam menjaga kesehatan jantung anda.

6. Menjaga kesehatan mata.
Vitamin A Berperan dalam melindungi mata dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti katarak dan macula. Vitamin ini terdapat dalam buah alpukat dengan jumlah yang banyak.


avocado ice cream
Alpukat tidak akan matang di pohon. Alpukat harus dipetik dari pohon untuk memulai proses pematangan, hal ini dikarenakan daun pada tanaman tersebut dapat memasok zat yang dapat mencegah proses pematangan. Cara terbaik untuk menyimpan alpukat adalah dengan meninggalkan mereka tetap berada pada pohon; mereka mampu disimpan selama 7 bulan atau lebih bila ditinggalkan di pohon.

Tips2 menyimpan alpukat antara lain:

 • Penyimpanan di bawah 40 derajat F atau di atas 70 derajat F akan menyebabkan busuk.
• Beberapa varietas akan merusak di bawah 50 derajat.
• Matang pada suhu kamar (60 - 70 derajat F), kemudian simpan di 45 derajat F.

Meskipun terdapat beberapa variasi dalam penampilan, alpukat adalah makanan yang berkualitas baik ketika mereka benar-benar matang. Proses pematangan biasanya memakan waktu 3-5 hari pada suhu ruang untuk mematangkan alpukat yang cukup keras yang biasanya dapat ditemukan di toko-toko makanan.Pematangan dapat diperlambat oleh pendinginan.

Pemilihan: Apabila ingin segera digunakan, maka pilihlah alpukat yang agak lunak apabila kita tekan kulitnya. Apabila digunakan dalam beberapa hari tinggalkan saja mereka pada suhu ruang untuk matang. Kadang-kadang ditemukan alpukat yang memiliki warna cokelat terang tidak teratur pada kulit luar, namun umumnya tanda-tanda ini tidak berpengaruh pada daging alpukat.

Hindari:

Alpukat dengan bintik-bintik hitam yang tersebar teratur atau rusak permukaannya. Ini adalah tanda-tanda alpukat yang busuk.

Tips tambahan:
Ketika mempersiapkan alpukat, untuk menghindari daging alpukat yang berubah warna menjadi kecoklatan saat terkena udara, segera tempatkan buah yang telah dikupas itu ke suatu wadah dan masukan kedalamnya jus lemon sampai siap untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar