Laman

Kamis, 13 Juni 2013

Minyak Kayu Putih Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi Rambut Rontok

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa daun pohon eucalyptus merupakan daun yang dapat menghasilkan minyak kayu putih. Didalam kandungan daun tersebut terdapat minyak esensial yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.



Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok
dengan minyak kayu putih (pilih salah satu) :

  1. Campurkan minyak almond dengan minyak kayu putih.  Sebelum dioleskan ke rambut, sebaiknya dihangatkan dulu. Kedua jenis minyak ini diyakini ampuh dalam menjaga kesehatan rambut.
  2. Campurkan minyak rosemary dengan minyak kayu putih. Campurkan minyak rosemary, kayu putih dan jarak dalam satu wadah. Setelah dihangatkan, oleskan pada rambut anda. Pakailah handuk untuk membungkusnya dalam waktu 30 menit saja.
  3. Memijat rambut. Pijatlah rambut anda dengan minyak kayu putih sebelum anda tidur malam. Lalu biarkanlah semalaman. Pagi harinya, langsung saja disiram dengan cara keramas shampoo. Manfaat yang didapat adalah rambut bisa subur dan lembut.
  4. Campurkan bunga sepatu dengan minyak kayu putih. Merebus bunga sepatu lalu disaring dan dibuatkan pasta. Oleskan pada rambut anda sembari dicampur minyak kayu putih. Manfaat yang diperoleh meningkatkan pertumbuhan rambut.
  5. Campuran jeruk nipis dengan minyak kayu putih. Hangatkan terlebih dahulu minyak kayu putih. Caranya panaskan mangkuk yang terbuat dari bahan alumunium lalu angkat dan teteskan minyak kayu putih. Selagi masih panas mangkuknya, campurkan lagi irisan jeruk nipis. Setelah teraduk rata, oleskan pada rambut. Manfaat yang didapat bisa membersihkan kulit rambut yang kotor dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Banyak yang berpendapat bahwa stress dan tegang merupakan faktor utama rambut bisa rontok. Untuk dapat mengatasinya bisa melakukan meditasi/yoga. Untuk itu ada cara lain mengatasi rambut rontok :
  • Antioksidan. Bungkus 2 kantong teh hijau yang masih panas lalu balurkan ke kulit kepala anda. Manfaat yang didapat ialah teh hijau sendiri dapat meningkatkan produktifitas rambut.
  • Jus Alami. Ambil jus jahe, jus bawang merah dan jus bawang putih lalu gosokkan pada kulit kepala anda. Biarkan semalaman.
  • Minyak panas. Canola atau biasa disebut kelapa dan zaitun dicampur lalu dipanaskan. Setelah hasil pemanasan langsung dioleskan ke kepala anda sambil dipijat perlahan-lahan.

Salah satu penyebab rambut mudah rontok adalah ketombe. Ketombe umumnya timbul pada jenis rambut yang berminyak. Pada keadaan yang parah ketombe bisa disertai pengelupasan kulit kepala.

Makanan yang banyak mengandung lemak serta dan karbohidrat, serta faktor psikis juga bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok. Bila rambut rontok karena ketombe maka sebaiknya ketombenya diobati lebih dahulu.

Ketombe bisa diatasi dengan diet rendah karbohidrat dan lemak. 

Pemakaian shampo dan tonik sebaiknya dipilih yang sesuai dengan kulit kepala si pemakai. Kerontokan rambut banyak disebabkan oleh poliolusi, sinar ultravioelet, radikal bebas, dan lampu tata cahaya di studio televisi.

Pada dasarnya, ada dua tipe kerontokan rambut, yaitu hairfall dan hairloss, yang keduanya bisa mengganggu siapa saja. Hairfall adalah problem kerontokan melebihi batas normal yang terjadi karena rapuhnya rambut. Sementara itu, hairloss adalah problem kerontokan rambut yang terjadi antara lain karena faktor usia, gen, hormon, infeksi kulit, atau pasca-melahirkan.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya :

Caranya:

• Ambil beberapa batang lidah buaya yang besar.
• Buang kulit batang lidah buaya, gosokan bagian dagingnya ke kulit kepala secara perlahan, lalu diamkan.
• Setelah beberapa menit, bilas kepala Anda hingga bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Urang Aring :

Caranya:

• Ambil segenggam daun urang –aring, cuci hingga bersih.
• Remas-remas daun urang-aring, lalu rendam dengan air.
• Gunakan rendaman air daun urang aringnya itu untuk keramas, kemudian bilas dengan sampo. Lakukan perawatan ini dengan rutin minimal seminggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar