Laman

Kamis, 11 April 2013

Brokoli

brokoli
Brokoli adalah sayuran berdaun hijau tua dalam keluarga Brassica, sebuah keluarga tanaman yang mencakup kangkung, kubis, kembang kol dan kecambah brussels.

Sayuran ini
berasal dari Italia, di mana ‘brokoli’ nama berasal dari kata Italia, broccolo, yang berarti ‘cabang (branch)’ dan pertama kali dibudidayakan di abad ke-17 sampai 18.

Nilai gizi dari brokoli dapat dianggap sebagai pembangkit tenaga seperti besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C.

Brokoli juga mengandung fitokimia penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Beberapa manfaat kesehatan Brokoli adalah sebagai sebagai berikut :

1. Anti-kanker
The American Cancer Society merekomendasikan makan brokoli dan sayuran cruciferous lainnya karena mengandung fitokimia – anti-kanker. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus dan kanker paru-paru.

2. Anti penuaan
Brokoli juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan.

3. Membantu pencernaan
Brokoli kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

4. Mencegah racun yang masuk
Kehadiran vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli menjadi penawar racun yang sangat baik. Brokoli membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh

5. Membantu mengontrol diabetes
Brokoli kaya kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

7. Menjaga agar penglihatan tetap sehat
Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.

8. Melindungi terhadap radiasi UltraViolet
Peneliti menemukan  senyawa sulforaphane dalam brokoli yang membantu mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.

9. Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis
Karena kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis.

10. Mencegah anemia
Anemia biasanya berhubungan  langsung dengan kekurangan zat besi. Besi dan asam folatyang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.

11. Membantu kehamilan yang sehat
Brokoli adalah sumber yang baik folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.

12. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung zat ini.

13. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi
Brokoli kaya akan serat penurunan kolesterol,serat  kromium dan potasium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

14. Mengurangi risiko penyakit jantung
Lutein karotenoid yang terkandung dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung terutama stroke.

15. Penurunan berat badan saat diet
Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu brokoli sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.
Oleh karena itu, akan sangat baik apabila anda bisa mengkonsumsi brokoli setiap hari sebagai salah satu makanan sehat.


Tips:
1. Pada saat membeli, pilih brokoli dengan warna hijau segar dan masih berbonggol keras. Brokoli yang layu dengan warna hijau kekuningan akan semakin mudah berubah menjadi kuning beberapa jam kemudian.

2. Jika Anda tidak akan segera memasak brokoli, potong bagian bonggol minimal sebesar empat ruas jari. Sehingga bagian batang yang besar terbuang dan menghindari brokoli menjadi matang dan kekuningan. Masukkan ke dalam wadah plastik lalu simpan ke dalam kulkas.

3. Brokoli yang akan dimasak dalam waktu lama bisa Anda simpan dalam freezer. Caranya, hilangkan bagian daun. Rebus sebentar brokoli (bersama dengan bagian batang). Siram dengan air dingin lalu masukkan dalam wadah plastik dan masukkan ke dalam freezer. Dengan demikian, brokoli lebih awet dan tetap segar saat akan dimasak.


brokoli
Brokoli dengan bentuk spiral mulai banyak disukai warga italia. Lantaran teksturnya yang renyah dan empuk. Brokoli bentuk spiral berjenis Romanesco broccoli tumbuh pada saat cuaca dingin. Jenis brokoli ini mulanya tumbuh di Italia pada abad ke-16. Karena menyerupai kembang kol, terkadang disebut juga dengan Broccoflower.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar