Laman

Kamis, 13 Juni 2013

Tentang Kebotakan dan Menghindari Kebotakan

Rambut Botak
1. Disarankan mengkonsumsi makanan seimbang. Hampir 90% komponen penting rambut adalah protein khususnya asam amino. Anda juga harus mendapatkan garam mineral terutama zat besi, seng, kalsium, magnesium dan kromium harian yang secukupnya. Rambut juga membutuhkan vitamin A, B kompleks, C dan D untuk tetap sehat.

2. Perawatan dan kebersihan kulit kepala juga harus diberi perhatian setelah seseorang mencapai usia pubertas
karena pabrik minyak yang terdapat pada setiap folikel rambut muka aktif. Karena itu, pria harus membasuh rambut lebih sering setidaknya dua kali sehari.

3. Cara yang benar juga harus dipraktekkan untuk menghindari rambut rontok. Caranya dengan membilas rambut dengan bersih setiap kali bersyampu dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan kulit kepala. Hindari menggaruk kulit kepala dan dianjurkan memijat lembut kulit kepala untuk melancarkan sirkulasi.


Berikut Ini Penjabaran Mengenai Kebotakan :

Rambut terbuat dari keratin, sama dengan jenis protein yang membentuk kuku dan lapisan terluar dari kulit.
Rambut kepala tumbuh dengan kecepatan rata-rata setengah sampai satu inchi perbulannya.

Siklus pertumbuhan ini berlangsung selama dua sampai enam tahun, diikuti dengan masa istirahat selama tiga bulan.
Bila proses pertumbuhan ini berulang kembali, maka rambut yang sudah ada akan terlepas dan diganti dengan rambut yang baru.

Normalnya, seseorang yang memiliki rambut kepala yang sehat akan mengalami kerontokan sebanyak 50-100 rambut perhari. Sedangkan pertumbuhan rambut mencapai kondisi terbaik pada usia antara 15-30 tahun. Kecepatan pertumbuhan rambut ini akan berkurang pada usia 40-50 tahun.

Kerontokan rambut secara alamiah mulai terjadi pada usia 50 tahun (baik pria maupun wanita) dan semakin bertambah pada usia 70 tahun.

Kerontokan rambut biasanya disebabkan oleh kombinasi tiga faktor biologis, yaitu umur, hormon androgen, dan keturunan.

Seseorang  dengan riwayat kebotakan dalam keluarganya, memiliki folikel rambut yang tersusun dengan pola tapal kuda pada kulit kepala. Tetapi folikel rambut yang berada di luar area tapal kuda ini bersifat sensitif terhadap dihidrotestoteron (DHT), suatu zat normal dari tubuh.

DHT diproduksi oleh testoteron. Folikel rambut yang sensitif ini secara genegtik akan mengalami penyusutan dan melemah ketika terpapar oleh DHT. Dengan menyusutnya folikel, maka rambut yang tumbuh akan semakin tipis, pendek dan akarnya bertambah dangkal. Akhirnya pertumbuhan rambut terhenti sama sekali dan penderita akan mengalami kebotakan.

Semua orang dilahirkan dengan jumlah folikel rambut dan fungsi hormon kelamin yang sama. namun tidak semua orang memiliki sifat keturunan botak. Hal inilah yang akan menimbulkan perbedaan besar di kemudian hari atau setelah seseorang dewasa. 

Alopecia alias kebotakan adalah masalah klasik manusia (terutama pria) sejak berabad-abad tahun lalu. Bila anda mengalami kebotakan, rambut yang bisa tumbuh di kepala hanya 100 ribu - 300 ribu saja, sementara jumlah rambut normal sekitar lima juta rambut pada orang dewasa. Ada tiga jenis kebotakan yaitu menyeluruh, setempat dan keturunan.

Diperkirakan, 90% kerontokan rambut pada pria disebabkan oleh faktor keturunan
(hereditary alopecia) atau disebut juga pola kebotakan pria. Sementara dua jenis lainnya (kebotakan menyeluruh dan setempat) walaupun lebih jarang, namun tetap perlu diwaspadai.


1. Kebotakan Menyeluruh(generalized alopecia)

  • Merupakan bentuk kebotakan yang jarang terjadi. Biasanya rambut mengalami kerontokan dalam jumlah besar.
  • Rambut yang rontok dapat tumbuh kembali jika penyebabnya sudah diatasi
  • Faktor penyebabnya; stres fisik dan mental (misalnya;pembedahan, sakit dalam waktu lama, atau proses persalinan) dan berbagai jenis obat anti kanker yang menimbulkan kebotakan sementara.

2. Kebotakan Setempat (localized alopecia)
  • Keadaan ini mungkin disebabkan adanya kerusakan kulit yang permanen (misalnya; luka bakar atau terapi radiasi untuk penyakit kanker), gangguan pada akar rambut akibat pemkaian produk perawatan rambut secara berlebihan, atau trikotilomania — suatu jenis penyakit kejiwaan dimana penderitanya suka mencabut rambutnya sendiri.
  • Penyebab tersering dari kebotakan setempat yaitu alopecia areata  kebotakan terjadi pada sebagian kecil kulit kepala. Penyebab pasti tidak diketahui. Biasanya rambut akan tumbuh kembali secara normal dalam waktu beberapa bulan. tidak ada terapi khusus untuk mengatasinya.
3. Botak bawaan (hereditary alopecia)
  • Inilah induk dari semua jenis kebotakan . Disebut juga pola kebotakan pria (male pattern baldness/MPB).
  • Kebotakannya menyeluruh, kerontokan rambut akibat hormon androgen (androgenic hairloss) atau kerontokan rambut genetik(genetic hair loss).
Meskipun metode untuk memulihkan kebotakan masih belum belum ditemukan, ada beberapa cara yang dapat ilakukan, misalnya melalui pemberian obat luar seperti lotion, shampo atau vitamin rambut dengan dosis pemberian sehari sekali yang bermanfaat untuk menghambat kerusakan folikel-folikel rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar