Laman

Minggu, 23 Juni 2013

Vitamin C dan Flu

Question : Vit C masih bisa mem-boost up ketahanan tubuh ketika kita diserang common cold atau tidak sih? (jadi ragu)..
soalnya Krisdayanti sering banget mampir UGD RSPI minta suntik 1 ampul Vit C ketika dia mulai merasa gak fit / mau sakit pilek, dsb.

Answer :  Ujung-ujungnya duit :mrgreen:
Immune boosting terhadap common cold tidak bisa dilakukan oleh asupan vitamin C. Tidak pada dosis rendah maupun dosis tinggi.

Serangan oleh virus hanya bisa ditangkal oleh:

1. Vaksin (tapi kayanya baru ada vaksin influenza). Sayangnya virus common cold ada sekitar 50 jenis, kebayang kan gak efisien dan gak efektifnya?
2. Ketahanan tubuh. Pola hidup sehat (makan, istirahat, dan pergerakan yang cukup) sudah membantu banyak.
3. Obat antiviral. Aku belum tahu apa ada antiviral untuk common cold. Pastinya harga obat antiviral itu mahaaalll, tidak 100% efektif, dan pastinya cukup toksik (CMIIW).

Biasanya yang minta suntik vitamin C itu untuk tujuan kecantikan; katanya sih buat peremajaan kulit. Tapi asosiasi dokter malaysia menyatakan cara ini tidak efektif. Kalau tujuannya ke kulit ya pakainya krim. Intravenous jelas-jelas gak jelas gunanya.
Mungkin KD merasakan efek antihistamin itu? Sehingga percaya kalau suntik vitamin C memang berguna. .
Kalau alasannya vitamin C adalah antioksidan, mending makan anggur yang antioksidannya tinggi. Tapi mungkin kandungan gula yang tinggi bisa bikin gatel tenggorokan pada beberapa orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar